Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Waspada! Angin Kencang dan Gelombang Tinggi Diprediksi BMKG Terjadi di Lampung Sepekan

Foto: Ilustrasi/Istimewa

BANDAR LAMPUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Lampung memberikan peringatan untuk mewaspadai peningkatan kecepatan angin dan gelombang tinggi sepekan.


Dari informasi yang dihimpun melalui akun Instagram resmi BMKG Lampung, @bmkglampung, Senin (30/1/2023), kecepatan angin dapat mencapai 30 knot di wilayah perairan Lampung dan Selat Bangka pada 28 Januari 2023 hingga seminggu ke depan.


"Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas pelayaran dan pesisir. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," tulis @BMKG Lampung.


Dalam keterangannya, BMKG Lampung juga memetakan daerah yang berpotensi mengalami tinggi gelombang sedang, tinggi gelombang tinggi dan tinggi gelombang sangat tinggi.


Berikut datanya :


- Tinggi gelombang sedang (1,25-2,5 meter) berpotensi terjadi di Selat Bangka bagian Utara dan Selatan.


- Tinggi gelombang tinggi (2,5-4,0 meter) berpotensi terjadi di Teluk Lampung bagian Selatan.


- Tinggi gelombang sangat tinggi (4,0-6,0 meter) berpotensi terjadi di Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Barat dan Samudera Hindia Barat Lampung.


BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Lampung juga mengingatkan agar masyarakat memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran. (*)

TrendingMore