Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Blogger Jateng

Facebook Tegaskan Tidak Mengintai Ketikan Pengguna


CALIFORNIA - Chief Executive Officer (CEO) Facebook Mark Zuckerberg, menjadi sasaran petisi online Care2 dengan tuntutan agar Facebook berhenti memata-matai konten pengguna yang tidak di-posting. Petisi online ini berhasil mendapatkan lebih dari 27 ribu tandatangan.

Tuntutan Care2 ini mengacu pada posting-an, komentar, dan pembaruan status yang diketik oleh pengguna, tapi kemudian dihapus dan tidak pernah di-share. Facebook pun segera menanggapi petisi online tersebut, dengan menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengumpulkan data-data pengguna yang tidak pernah di-posting.

"Facebook tidak mengumpulkan atau melacak konten apa pun, yang tidak pernah di-posting," jelas seorang juru bicara Facebook kepada Mashable dan dilansir okezone.com, Senin (6/1/2014).

Petisi ini dibuat oleh Michael McTernan berdasarkan laporan yang dipublikasikan oleh situs Slate dan ditulis oleh peneliti data Facebook dan mantan karyawan magang perusahaan.

Laporan ini fokus pada sebuah artikel pada pertengahan Desember dan mengeksplorasi 'penyensoran diri sendiri' di kalangan pengguna Facebook. Dengan kata lain, seberapa sering pengguna mengetik posting-an, pembaruan status, atau komentar, lalu menghapus teks tersebut.

Studi ini meneliti 3,9 juta pengguna Facebook selama 17 hari dan menemukan 71 persen pengguna melakukan 'penyensoran diri sendiri', setidaknya satu kali. Tujuan studi ini ialah untuk mengetahui kapan orang-orang mengetik dan menghapus konten, bukannya apa yang diketik, lalu menghapusnya.

TrendingMore